Monday, March 1, 2010

Tips Menghadapi Malware

Dhani, Tips Menghadapi Malware
Dear all
Sudah banyak komputer yang menjadi korban virus, worms, trojan, atau malware lain. Apabila komputer Kita belum terinfeksi malware, inilah langkah-langkah yang dapat dilakukan. Tidak mudah dalam mengidentifikasi sebuah komputer yang terinfeksi virus. Gejalanya bisa berbagai hal seperti file yang hilang, komputer mengalami restart terus menerus, intinya komputer tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Misalkan pada komputer telah terinstal antivirus, maka antivirus dapat mengenali adanya malware, dan antivirus tersebut mungkin bisa langsung membersihkan malware tersebut. Namun apabila komputer Kita belum terinstal software antivirus maka harus dilakukan langkah - langkah pencegahan.
Jika komputer Kita di kantor teringeksi malware, sebaiknya segera memberitahu bagian IT disana, agar mereka bisa segera membersihkan komputer tersebut sehingga tidak menjalar ke ke komputer yang lain dalam jaringan.
Apabila komputer dirumah yang terkena virus, segera putuskan koneksi internet. Hal ini untuk mencegah pencurian data pribadi melalui internet. Juga untuk mencegah malware tersebut melakukan serangan kekomputer lain melalui komputer kita.
Lakukan scanning pada komputer dengan software antivirus update terbaru. Namun apabila antivirus yang terinstal pada komputer tidak mampu membersihkan malware tersebut, sebaiknya Dhani segara menginstal ulang system operasi pada komputer Dhani. Jangan lupa back-up dulu sebelum melakukan instal ulang.
Mereka yang pernah terkena serangan virus, pasti tahu bagaimana repotnya membersihkan komputer tersebut dari virus. Waktu, data bahkan uang bisa melayang. Berikut ini beberapa kiat yang dapat digunakan dalam menghindari serangan malware pada komputer
~ Lakukan update setiap saat atas antivrus yang digunakan pada komputer Dhani. Karena dengan antivirus terupdate malware baru dapat segera dikenali.
~ Ganti password secara berkala
~ Update software-software pada komputer Dhani secara berkala. Saat ini kabanyakan sistem operasi dan beberapa software telah menyediakan vasilitas update secara otomatis
~ Instal firewall pada komputer , karena ia bisa mengenali beberapa malware yang mencoba menyerang komputer . Saat ini sudah banyak sistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall pada softwarenya, tinggal mengaktifkannya saja.
~ Penting juga menggunakan antispyware dan saat ini sudah banyak antivirus yang menjadi satu dengan anti spyware contoh Eset32.
~ Lakukan back-up atas data data secara rutin ke CD/DVD atau harddisk enternal, sehingga data-data tetap aman meskipun komputer terserang malware.
Jadi intinya cegah sebelum terserang penyakit dalam.
Share

No comments:

Post a Comment